Kamis, 17 Maret 2011

Apakah Hematologi itu?

Hematologi, juga dieja hematologi, adalah cabang kedokteran internal, fisiologi, patologi, pekerjaan laboratorium klinis, dan pediatri yang berkaitan dengan studi tentang darah, organ pembentuk darah, dan penyakit darah. Hematologi meliputi studi tentang etiologi, diagnosis, pengobatan, prognosis, dan pencegahan penyakit darah. Pekerjaan laboratology yang masuk ke studi tentang darah sering dilakukan oleh teknolog medis. Ahli Darah dokter juga sangat sering melakukan studi lebih lanjut di onkologi - pengobatan medis kanker.
Darah penyakit''''mempengaruhi produksi darah dan komponen-komponennya, seperti sel-sel darah, hemoglobin, protein darah, mekanisme koagulasi, dll


Dokter spesialis dalam hematologi dikenal sebagai Ahli Darah. pekerjaan rutin mereka terutama mencakup perawatan dan pengobatan pasien dengan penyakit hematologi, meskipun beberapa juga dapat bekerja di laboratorium hematologi darah dan melihat film slide sumsum tulang di bawah mikroskop, menafsirkan berbagai hasil tes hematologi. Di beberapa lembaga, Ahli Darah juga mengelola laboratorium hematologi. Dokter yang bekerja di laboratorium hematologi, dan paling sering mengelola mereka, adalah patolog spesialis dalam diagnosis penyakit hematologi, disebut sebagai hematopathologists. Ahli Darah dan hematopathologists umumnya bekerja bersama untuk merumuskan diagnosa dan memberikan terapi yang paling tepat jika diperlukan. Hematologi adalah subspesialisasi berbeda penyakit dalam, yang terpisah dari tetapi tumpang tindih dengan subspesialisasi onkologi medis. Ahli Darah mungkin spesialisasi lebih lanjut atau memiliki kepentingan khusus, misalnya dalam:
  • mengobati gangguan perdarahan seperti hemofilia dan purpura idiopatik thrombocytopenic
  • mengobati malignacies hematologi seperti limfoma dan leukemia
  • mengobati hemoglobinopathies
  • dalam ilmu transfusi darah dan pekerjaan bank darah
  • dalam sumsum tulang dan transplantasi sel induk
(Hematologi berasal dari kata Yunani ἁίμα (''''haima) yang berarti "darah" dan λόγος (logos''''), akar yang biasa digunakan untuk menunjukkan bidang studi.)

Common Hematologi Hematologi Dasar Pengujian Klinik

Dalam sebuah laboratorium klinis departemen hematologi melakukan berbagai tes yang berbeda pada darah. Tes yang paling umum dilakukan adalah hitung darah lengkap (CBC) juga disebut hitung darah lengkap (FBC). Studi pembekuan darah adalah sub-spesialisasi hematologi; dasar tes koagulasi umum adalah waktu protrombin (PT) dan waktu tromboplastin parsial (PTT). Tes lain hematologi umum di tingkat sedimentasi eritrosit (ESR).
Dalam sebuah bank darah tes Coombs adalah tes yang paling umum dilakukan.
Berikut adalah beberapa materi mengenai hematologi :
1. Pengumpulan ampel darah
2. Penetapan kadar hemoglobin

1 komentar: