Rabu, 18 Mei 2011

Leishmania tropica




I. Sejarah
Leishmania tropica adalah parasit yang menginfeksi manusia dan tikus (hewan pengeret). Hal ini dapat menyebabkan penyakit yang disebut leishmaniasis kulit. Leishmania tropica bersel tunggal trypanosome parasit yang bertanggung jawab untuk kulit menyebabkan Leishmaniasis. Leishmaniasis ditemukan di sekitar 88 negara di seluruh dunia
II. Hospes dan penyakit
Parasit ini penyebab penyakit Leismaniasis kulit atau Oriental sore. Hospes definitifnya adalah manusia dan hospes reservoarnya adalah anjing. Dibeberapa daerah, penyakit ini dapat merupakan penyakit pada anjing yang sewaktu-waktu dapat ditularkan kepada manusia. Lalat Phlebotomus merupakan hospes perantara atau vektornya.


III. Distribusi geografi
Penyebaran dari parasit ini hampir sama dengan Leismaniasis donovani, hanya saja dilaporkan bahwa tidak ditemukan satu daerah yang sama kedua parasit ini secara bersamaan.
Eropa : Sepanjang pantai mediterania.
Afrika : Barat, Sudan, Tunisia, Ethiopia.
Asia : Asia Tengah, India, Israell, Turki dan lain-lain.
Amerika Tengah dan Selatan.

Morfologi
Leishmania tropica berbentuk oval, berdiameter 2 mikron atau dengan ukuran 3-4 x 2 mikron, tidak mempunyai flagella, terdapat axonema, 1 nukleus, 1 blefaroplas dan 1 kinetoplas. Bila organisme tersebut diwarnai dengan Giemsa atau Wright, maka nukleus dan kinetoplas akan berwarna merah, sedang sitoplasma akan berwarna biru. Stadium leishmania hanya terdapat didalam tubuh tuan rumah (manusia), leishmania hidup intra selluler dan berkembang biak dengan membelah diri.

untuk lebih lengkapnya download disini

Terima kasih selamat belajar ya...
jangan lupa mampir lagi ya gan...

3 komentar:

  1. THNX Gan saya dari AAK solomakasih infonya

    BalasHapus
  2. analis kesehatan dan music center@ iya gan sama2 makasih juga telah berkunjung ke blog kami yg sederhana ini..:)

    BalasHapus
  3. Questo piccolo parassita è veramente piccolo ma può causare molti problemi. È bene sapere che il cane è il suo portatore. Grazie per un interessante post sul blog!

    BalasHapus